Selasa, 16 September 2014

Refleksi ke-2 dan materi yang dipelajari serta tugas mingguan

Pertemuan minggu kedua dosen memberikan tugas agar kami mempresentasikan hasil diskusi yang terdiri dari 2 kelompok materi yang telah diberikan. Diskusi antar kelompok berlangsung aktif dengan masing masing kelompok diberi tugas untuk menanggapi tentang media pembelajaran apakah sesuai dengan jenjang tingkat kelas . Terjadinya pro kontra dalam menanggapi penggunaan media pembelajaran dalam pendidikan . Dosen menunjuk kelompok untuk di depan kelompok lain untuk mempresentasikan hasil diskusi media pembelajaran karena waktu yang diberikan terlalu singkat mengakibatkan hanya dua kelompok saja yang presentasi dengan memilih topik diskusi seadanya dan kelompok lain menanggapi dalam pihak pro dan kontra.



Hasil Diskusi Minggu 2
Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran
(PowerPoint, Movie Maker, Fotografi, dan MacromediaFlash)
 

A.   PowerPoint
1.     Kelebihan
Fitur-fitur yang ditampilkan sudah lengkap, mudah, simple dan menarik, sehingga dapat memudahkan pengguna. Media ini sangat cocok digunakan bagi pemula.

2.     Kekurangan
Tidak semua format atau eksistensi video dapat dimasukkan ke PowerPoint, yaitu hanya dalam bentuk MWV dan AVI

B.   Movie Maker
1.     Kelebihan
Tampilan fitur dapat mudah dimengerti, dan animasi lebih fariatif

2.     Kekurangan
Sering terjadi not responding saat penyimpanan

C.   Fotografi
1.     Kelebihan
Praktis dan mudah dibuat. Serta dapat digunakan pada semua jenjang

2.     Kekurangan
Gambar terbatas dari segi ukurannya, tidak jelas apabila digunakan untuk kelas besar dan tidak dapat menampilkan animasi yang bergerak

D.   Macromedia Flash
1.     Kelebihan
Animasi lebih variatif karena dapat menciptakan atau membuat animasi sendiri sesuai dengan keinginan, cepat dan menarik

2.     Kekurangan
Penggunaan media ini cukup rumit dan ribet sehingga bagi pemula akan menemui kesulitan dalam pembuatan. Selain itu, eksistensinya berbentuk SWF


Masalah dan Solusi


    Sekolah Dasar adalah jenjang pendidikan yang paling mendasar di Indonesia. Pendidikan di sekolah dasar sangatlah penting, Di Sekolah dasar mulai ditanamkan berbagai jenis pendidikan seperti pendidikan karakter dan lain sebagainya yang sangat mempengaruhi siswa untuk jenjang sekolah selanjutnya. Pembelajaran dapat tercapai dengan baik apabila dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang mendukung.
   Apabila sarana dan prasarana di sekolah dasar tidak mendukung maka akan menghambat proses pembelajaran. Seperti belum tersedianya media pembelajaran ICT di SD, padahal pembelajaran di SD di


tuntut menggunakan pembelajaran yang inovatif. Guru sebagai fasilitator juga akan merasa terhambat dalam berinovasi dan mengembangan pembelajaran yang menarik.

    Solusinya di Sekolah Dasar sebaiknya sudah merata disediakan media pembelajaran ICT agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran. Sehingga guru dapat lebih mudah dalam berkreasi dan berinovasi dan anak lebih mudah mempelajari media yang diajarkan secara lebih modern.





HASIL OBSERVASI 

   Observasi ke 2 di SD Negeri Giwangan  berjalan dengan lancar, saya dan teman kelompok saya mengikuti guru kelas V SDN Giwangan dalam proses pembelajaran, siswa kelas V mempelajari PKN tentang perbedaan hak dan kewajiban,siswa membentuk kelompok dan saling berdiskusi. Disana kami membantu membedakan pengertian antara hak dan kewajiban,dan memberikan pemahaman yang kemudian memancing mereka untuk berfikir agar mampu mengerjakan tugas yang ada di dalam buku tematik.


Ketika foto bersama guru kelas 5 di SDN Giwangan

Ketika mendampingi siswa kelas 5 SDN Giwangan dalam proses Pembelajaran
Ketika mendampingi siswa kelas 5 SDN Giwangan dalam proses Pembelajaran








Guru kelas 5 mengoreksi dan membantu siswa dalam menyelesaikan tugas diskusi kelompok



SKENARIO PEMBELAJARAN

1.     Guru kelas 5 masuk kedalam kelas, tempat duduk siswa sudah membentuk kelompok diskusi.
2.       Guru menerangkan tentang materi diskusi yang akan dibahas, siswa disuruh membuka buku paket(tematik) (5 menit)
3.       Pelajaran  yang akan dibahas yaitu PKN tentang hak dan kewajiban.
4.       Guru kemudian memberi  tahu penngertian dan perbedaan tentang hak dan kewajiban. (10 menit)
5.       Guru menyuruh siswa untuk mengerjakan soal bertabel yang ada dalam buku cetak (tematik) (15 menit)
6.       Guru mengawasi siswa ketika sedang berdiskusi kelompok dan membantu siswa dalam mengerjakan soal
7.       Setelah selesai kemudian guru menilai hasil pekerjaan siswa. (5 menit)


  
k    KEKHAWATIRAN DAN HARAPAN


     KEKHAWATIRAN
1.  Belum sepenuhnya menguasai kurikulum 2013 sehingga materi tidak tersampaikan dengan baik.
2.  Siswa kurang paham atas materi yang telah disampaikan.
3.  khawatir jika ada anak yang bertanya namun tidak bisa menjawab karena pertanyaannya yang kritis.

      HARAPAN
1. dapat memahami isi dari kurikulum 2013 sehingga dapat menyampaikan materi dengan baik.
2. Siswa dapat fokus dan paham atas materi yang saya sampaikan menggunakan media pembelajaran
berbasis ICT.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar