Hasil Diskusi Minggu 2
Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran
(PowerPoint, Movie Maker, Fotografi, dan MacromediaFlash)
A. PowerPoint
1. Kelebihan
Fitur-fitur yang ditampilkan sudah lengkap, mudah, simple dan menarik, sehingga dapat memudahkan pengguna. Media ini sangat cocok digunakan bagi pemula.
2. Kekurangan
Tidak semua format atau eksistensi video dapat dimasukkan ke PowerPoint, yaitu hanya dalam bentuk MWV dan AVI
B. Movie Maker
1. Kelebihan
Tampilan fitur dapat mudah dimengerti, dan animasi lebih fariatif
2. Kekurangan
Sering terjadi not responding saat penyimpanan
C. Fotografi
1. Kelebihan
Praktis dan mudah dibuat. Serta dapat digunakan pada semua jenjang
2. Kekurangan
Gambar terbatas dari segi ukurannya, tidak jelas apabila digunakan untuk kelas besar dan tidak dapat menampilkan animasi yang bergerak
D. Macromedia Flash
1. Kelebihan
Animasi lebih variatif karena dapat menciptakan atau membuat animasi sendiri sesuai dengan keinginan, cepat dan menarik
2. Kekurangan
Penggunaan media ini cukup rumit dan ribet sehingga bagi pemula akan menemui kesulitan dalam pembuatan. Selain itu, eksistensinya berbentuk SWF
Masalah dan Solusi
Sekolah Dasar adalah jenjang pendidikan yang paling mendasar di Indonesia. Pendidikan di sekolah dasar sangatlah penting, Di Sekolah dasar mulai ditanamkan berbagai jenis pendidikan seperti pendidikan karakter dan lain sebagainya yang sangat mempengaruhi siswa untuk jenjang sekolah selanjutnya. Pembelajaran dapat tercapai dengan baik apabila dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang mendukung.
Apabila sarana dan prasarana di sekolah dasar tidak mendukung maka akan menghambat proses pembelajaran. Seperti belum tersedianya media pembelajaran ICT di SD, padahal pembelajaran di SD di
tuntut menggunakan pembelajaran yang inovatif. Guru sebagai fasilitator juga akan merasa terhambat dalam berinovasi dan mengembangan pembelajaran yang menarik.
Solusinya di Sekolah Dasar sebaiknya sudah merata disediakan media pembelajaran ICT agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran. Sehingga guru dapat lebih mudah dalam berkreasi dan berinovasi dan anak lebih mudah mempelajari media yang diajarkan secara lebih modern.
HASIL OBSERVASI
Observasi ke 2 di SD Negeri Giwangan berjalan dengan lancar, saya dan teman kelompok saya mengikuti guru kelas V SDN Giwangan dalam proses pembelajaran, siswa kelas V mempelajari PKN tentang perbedaan hak dan kewajiban,siswa membentuk kelompok dan saling berdiskusi. Disana kami membantu membedakan pengertian antara hak dan kewajiban,dan memberikan pemahaman yang kemudian memancing mereka untuk berfikir agar mampu mengerjakan tugas yang ada di dalam buku tematik.
![]() |
Ketika foto bersama guru kelas 5 di SDN Giwangan |
![]() | ||
Ketika mendampingi siswa kelas 5 SDN Giwangan dalam proses Pembelajaran |
![]() |
Ketika mendampingi siswa kelas 5 SDN Giwangan dalam proses Pembelajaran |
![]() |
Guru kelas 5 mengoreksi dan membantu siswa dalam menyelesaikan tugas diskusi kelompok |
SKENARIO PEMBELAJARAN
1.
Guru kelas 5 masuk kedalam kelas, tempat duduk
siswa sudah membentuk kelompok diskusi.
2.
Guru menerangkan tentang materi diskusi yang
akan dibahas, siswa disuruh membuka buku paket(tematik) (5 menit)
3.
Pelajaran
yang akan dibahas yaitu PKN tentang hak dan kewajiban.
4.
Guru kemudian memberi tahu penngertian dan perbedaan tentang hak dan
kewajiban. (10 menit)
5.
Guru menyuruh siswa untuk mengerjakan soal
bertabel yang ada dalam buku cetak (tematik) (15 menit)
6.
Guru mengawasi siswa ketika sedang berdiskusi
kelompok dan membantu siswa dalam mengerjakan soal
7.
Setelah selesai kemudian guru menilai hasil
pekerjaan siswa. (5 menit)
k KEKHAWATIRAN DAN HARAPAN
KEKHAWATIRAN
1. Belum sepenuhnya menguasai kurikulum 2013 sehingga materi tidak tersampaikan dengan baik.
2. Siswa kurang paham atas materi yang telah disampaikan.
3. khawatir jika ada anak yang bertanya namun tidak bisa menjawab karena pertanyaannya yang kritis.
HARAPAN
1. dapat memahami isi dari kurikulum 2013 sehingga dapat menyampaikan materi dengan baik.
2. Siswa dapat fokus dan paham atas materi yang saya sampaikan menggunakan media pembelajaran
berbasis ICT.
k KEKHAWATIRAN DAN HARAPAN
KEKHAWATIRAN
1. Belum sepenuhnya menguasai kurikulum 2013 sehingga materi tidak tersampaikan dengan baik.
2. Siswa kurang paham atas materi yang telah disampaikan.
3. khawatir jika ada anak yang bertanya namun tidak bisa menjawab karena pertanyaannya yang kritis.
HARAPAN
1. dapat memahami isi dari kurikulum 2013 sehingga dapat menyampaikan materi dengan baik.
2. Siswa dapat fokus dan paham atas materi yang saya sampaikan menggunakan media pembelajaran
berbasis ICT.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar