Senin, 29 September 2014

RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)

Satuan Pendidikan      :SD N Giwangan
Kelas/Semester            :V/ I     
Tema/Subtema             :Peristiwa dalam Kehidupan/Macam-Macam Peristiwa dalam Kehidupan
Alokasi Waktu             :1 x pertemuan (5x35 menit)
Pembelajaran               :5

A.   Kompetensi Inti
1.      Menerima,menjalankan dan menghargai ajaran agama yang di anut.
2.  Menunjukan perilaku disiplin,jujur,tanggung jawab,santun,peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman,guru dan tetangg.
3.    Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati dan bertanya berdasarkan rasa ingin tau tentang dirinya,makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya , dan benda-benda yang di jumpai di rumah ,di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas,sistematis dan logis
Dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak bermain


B.   Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar
   
Indikator
SBDP
   

Ø  Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa .
Ø  Menggambar ilustrasi dg menerapkan proporsi dan komposisi .
   
Ø  Memahami prinsip seni dalam berbagai karya seni rupa .
Ø  Melakukan pengamatan/observasi trhadap suasana lingkunga sekitar untuk membuat gambar ilustrasi.
IPA
   

Ø  Mendeskripsikan siklus air dan dampak terhadap peristiwa di bumi serta kelangsungan makhluk hidup.
Ø  Menyajikan hasil laporan ttg permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia .
   
Ø  Menjelaskan pentingnya air dlm penyelenggaraan kgtn sekolah.
Ø  Menyajikan penjelasan pentingnya peran air dlm kegiatan sekolah melalui presentasi .
PJOK
   

Ø  Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan/olahraga tradisional bola besar .
Ø  Mempraktikan pola gerak dasar yang di landasi konsep gerak dalam berbagai permainan/olahraga tradisional bola besar.
   
Ø  Menyebutkan cara-cara mengambil posisi ,mencetak angka dan mengoper bola basket pada teman .
Ø  Menggunakan berbagai ketrampilan untuk mengambil posisi,mencetak angka dan mengoper bola basket kepada teman .
Bahasa Indonesia
Ø  Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur ulang,rangkaian listrik,sifat magnet,anggota tubuh (manusia,hewan,tumbuhan) dan fungsinya .
Ø  Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur ulang ,rangkaian listrik,sifat magnet,anggota tubuh (manusia,hewan,tumbuhan) dan fungsinya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih kosakata baku.

   

Ø  Mengidentifikasi peran air dalam kegiatan sekolah melalui teks deskripsi .
Ø  Memberikan alasan tentang pentingnya air dalam kegiatan sekolah melalui kegiatan diskusi.


C .Tujuan Pembelajaran
1.     Dengan membaca teks ,peserta didik mampu menyebutkan cara-cara mengambil posisi ,mencetak angka dan mengoper bola kepada teman.
2.     Peserta didik mampu menggunakan ketrampilannya dalam mengambil posisi,mencetak angka dan mengoper bola kepada teman.
3.     Dengan menggali informasi dari teks bacaan ,peserta didik dapat mengidentifikasi peran air dalam kegiatan di sekolah.
4.     Dengan melakukan wawancara ,peserta didik dapat mengidentifikasi kegiatan sekolah yang membutuhkan air.
5.     Dengan membuat perkiraan jawaban ,peserta didik dapat menjelaskan pentingnya air bagi penyelenggaraan kegiatan di sekolah.
6.     Dengan presentasi hasil karya ,peserta didik mampu menjelaskan dan memberikan alasan tentang pentingnya air dalam kegiatan sekolah.
7.     Dengan membuat gambar tentang kondisi sekolah yang bersih dan terawat,peserta didik mampu membuat gambar ilustrasi dengan memperhatikan prinsip-prinsip seni rupa.

D.Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.      Metode            :Tanya jawab ,diskusi, dan ceramah
2. Pendekatan     :Scientific (mengamati ,menanya, menalar, mengumpulkan informasi, dan mengkomunikasikan).

E. Media ,Alat dan Sumber Pembelajaran
1.     Media&Alat    :Buku, teks bacaan tentang peranan dan manfaat air,cara melakukan wawancara,dan bola basket.
2.      Sumber Pembelajaran  : Buku siswa SD kelas 5, buku tematik terpadu Kurikulim 2013, Kementrian Pendidikan dan Kebudyaan
.
F.Penilaian
1.      Teknik penilaian
a.       Penilaian sikap: rasa ingin tahu ,cermat, teliti ,mandiri, tanggung jawab , keberanian ,percaya diri dan sportif.
b.      Penilaian pengetahuan: cara menangkap dan mengoper bola dengan control yang baik, manfaat air dalam kehidupan, manfaat air dalam kegiatan sekolah, proporsi dan komposisi seni rupa .
c.       Penilaian ketrampilan : menangkap dan mengoper bola, menyajikan hasil wawabcara dengan teknin komunikasi, menggambar ilustrasi.

2.      Bentuk instrument penilaian
a.  Penilaian sikap: mengamati lingkungan sekolah ,mengumpulkan data ,melakukan wawancara,dan menggambar ilustrasi.
b.    Penilaian pengetahuan: mengamati lingkungan sekitar,mengumpulkan data ,melakukan wawancara ,dan menggambar ilustrasi.
c.      Penilaian ketrampilan: mengamati lingkungan sekitar,mengumpulkan data ,melakukan wawancara ,dan menggambar








  

Mengetahui                                                                                            Bantul
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Kelas V


Jubaidi,S.Pd                                                                                Desy Suryanti ,S.Si
NIP. 19550323 197701 1 002                                                              NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar